Hal yang Harus Diperhatikan Programmer Saat Coding

Hal yang Harus Diperhatikan Programmer Saat Coding – Menjadi programmer bukan hal yang mudah, programmer harus lihai dalam memperhatikan hal-hal yang sifatnya sederhana. Terlebih membuat algoritma yang sederhana untuk desain yang rumit, hal tersebut adalah kunci untuk membuat program yang user friendly.

Program yang baik adalah program yang algoritmanya mudah untuk dipahami. Tidak semua programmer ahli dalam membuat algoritma yang sederhana. Pada kesempatan ini kita akan membahas hal yang harus diperhatikan programmer saat membuat koding.

Hal yang Harus Diperhatikan Programmer Saat Coding

1. Teliti

Hal yang penting sekali diperhatikan oleh seorang programmer adalah bertindak dengan teliti. Lupa menggunakan semicolon dalam akhir baris program seringkali terjadi, hal yang membuat proses compiling akan mengalami error.

Jika untuk program sederhana mungkin tidak akan terlalu bermasalah, namun lain halnya jika untuk kebutuhan program dalam skala yang besar. Proses compiling akan membutuhkan waktu yang panjang, sehingga sebaiknya meminimalisir kekeliruan dengan cara teliti ketika membuat baris kode adalah langkah yang tepat.

2. Gunakan Mode Gelap

Dalam setiap IDE terdapat pengaturan layer untuk mode normal alias putih dan mode gelap. Gunakanlah IDE untuk mode gelap agar tidak membuat mata menjadi iritasi, warna putih cenderung memiliki layer yang terang sehingga membuat mata cepat lelahh.

Anda mungkin juga sering memperhatikan programmer yang cenderung menggunakan warna gelap untuk kebutuhan koding. Hal tersebut untuk membantu menjaga mata programmer karena warna yang dihasilkan lebih lembut dan tidak membuat mata merah dalam waktu yang cepat.

Terlebih jika Anda adalah programmer yang biasa mengerjakan untuk project-project yang besar. Tentunya akan menghabiskan waktu berhari-hari untuk melihat layar komputer. Sebaiknya ganti mode IDE pada mode gelap agar tidak merusak mata Anda, lagipula mode gelap juga terlihat lebih elegan dan keren.

3. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan bagi programmer. Seringkali programmer lalai dalam mengerjakan project mereka karena manajemen waktu yang tidak baik.

Bahkan programmer cenderung sedikit tidur, hal tersebut sangat lumrah ditemukan. Waktu tidur terbaik bagi seorang programmer adalah saat melakukan debug pada program. Debug dapat memakan waktu hingga berjam-jam, belum lagi jika hasil debug ternyata masih terdapat error.

Jangan sampai kelalaian terhadap waktu membuat project menjadi tidak maksimal atau tidak dapat diselesaikan tepat waktu. Professionalitas dari seorang programmer tidak hanya dilihat dari hasil aplikasi yang dibut, tapi juga dilihat dari kemaksimalan waktu.

ITgenic sebagai jasa pelayanan IT adalah salah satu jasa yang bekerjasama dengan programmer yang professional. Sehingga project yang diamanahkan akan dikerjakan tepat waktu dan tentunya dengan hasil yang maksimal.

4. Kerapian

Mungkin bagi sebagian orang kerapian bukan menjadi poin pokok dalam membuat koding. Padahal hal tersebut sangat penting, termasuk susunan baris program dan juga keterangan comment yang jelas.

Hal tersebut dapat memberikan kemudahan untuk programmer sendiri jika terdapat error dalam program. Maka tidak sulit untuk mencari tahu sumber error jika program yang dibuat juga rapi. Anda juga akan lebih mudah dalam membuat program untuk perintah tambahan jika diperlukan.

Ada juga programmer yang membuat baris kode dan hanya dapat dimengerti oleh ia sendiri. Ini tentu bukan masalah, namun bagi orang yang ingin belajar tentu akan kesulitan untuk memahami baris kode yang dibuat. Tips membuat baris kode yang rapi adalah dengan menggunakan keterangan dan comment yang singkat namun jelas.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *