Apa itu domain

Apa Itu Domain dan Fungsinya

Posted on

Setelah membahas seputar hosting, kali ini saya akan membahas mengenai apa itu domain dan juga fungsinya. Sama seperti hosting, domain juga sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website.

Alamat URL itgenic.co.id inilah yang disebut dengan domain. Itgenic disebut sebagai nama domain dan .co.id disebut dengan ekstensi domain. Dan masih banyak contoh ekstensi domain lainnya seperti .com, .net, .org, .id, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Apa Itu Domain?

Apa itu domain dan fungsinya

Domain merupakan nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan IP atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Internet Protocol. Jadi, sebenar sebenarnya, IP ini berisi deretan angka-angka yang sulit untuk dihafal maka dari itu diperlukan domain untuk menggantinya.

Perkembangan domain dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pertama kali digunakan pada tahun 1985 oleh perusahaan komputer asal Massachusetts, Amerika Serikat bernama Symbolics.com. Dahulunya, hanya ada 6 domain yang terdaftar, tetapi saat ini sudah berjuta-juta nama domain yang terdaftar.

Dan kini registrasi nama domain dikelola oleh organisasi ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Organsiasi ini yang menentukan ekstensi nama domain yang tersedia. Jika tidak tersedia, maka anda akan tidak dapat menyewanya.

 

Baca juga : macam-macam ekstensi domain.

 

Fungsi Domain

Sementara itu, fungsi dari sebuah domain adalah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mengakses suatu Website. Penggunaan nama domain membuat kita tidak perlu lagi mengingat angka – angka rumit yang ada pada IP server untuk mengunjungi sebuah situs.

Misalnya, itgenic.co.id menggunakan alamat IP 74.125.68.94. Tentu, anda bakal kesulitan menghafal angka-angka tersebut jika harus mengakses sebuah website. Maka dari itu, muncullah nama domain untuk memudahkan pengunjung internet  dalam mengakses situs web tanpa harus mengingat alamat IP dari website tersebut.

Baca Juga  Membuat Website Untuk Pemula

Oh ya, perlu untuk anda ketahui Internet didasarkan pada alamat IP bukan alamat domain. Jadi, setiap server Web memerlukan Domain Name System (DNS) server guna menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

 

Baca juga : jenis-jenis hosting.

 

Demikian penjelasan apa itu domain dan juga fungsinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.