Apa itu hosting

Apa Itu Hosting dan Fungsinya

Posted on

Tahukah anda apa itu hosting? Mungkin anda sering mendengarnya, namun sesungguhnya belum mengetahui apa makna sebenarnya. Ketika anda memutuskan untuk membuat website, maka pengetahuan mengenai hosting dan fungsinya terlebih dahulu harus anda ketahui. Langsung saja, mari simak penjelasan dan pembahasannya berikut ini.

 

Apa Itu Hosting?

Hosting atau yang juga disebut sebagai web hosting merupakan sebuah tempat untuk menaruh semua data yang berhubungan dengan website anda. Biasanya berupa tulisan, gambar, video, animasi, plugin, Script, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanpa adanya hosting, membuat website anda tidak bisa diakses. Sebab, semua data-data yang berhubungan dengan website ada pada sebuah hosting. Dengan hosting, web bisa bekerja secara sempurna.

 

Baca juga : jenis-jenis hosting.

 

Fungsi Web Hosting

Sementara itu, hosting memiliki 3 fungsi utama yang wajib anda ketahui. Dengan mengetahuinya, anda bisa memaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini fungsi dari sebuah web hosting :

 

Menyimpan Data-data Website

Ini merupakan fungsi utama hosting. Tempat penyimpanan data-data dari website secara daring. Dapat diibaratkan, hosting merupakan tempat bernama perpustakaan dan pengunjung membaca buku-buku yang ada di dalam perpustakaan tersebut.

 

Baca juga : tips memilih web hosting berkualitas.

 

Sebagai Alamat Akses atau Link Website

Selain sebagai tempat penyimpanan data, hosting juga berfungsi sebagai alamat akses sehingga pengunjung pun bisa dengan mudah membuka seluruh isi yang ada pada website anda. Hosting berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS sehingga seseorang yang ingin mengakses website tersebut, maka server akan mengakses link hosting yang digunakan dalam hosting.

Baca Juga  Mengenal Istilah Untuk Merancang Website

 

Baca juga : apa itu domain?

 

Menjaga Website Tetap Online

Adanya hosting membuat website tetap online dan bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Selama penyedia hosting tetap ada dan tidak mengalami masalah, maka insyaallah web anda akan tetap bisa diakses. Jangan lupa untuk selalu membayar sewa hosting per tahunnya supaya situs bisa dikunjungi dan tidak ditutup oleh penyedia hosting.

 

Baca juga : cara membuat program transaksi.

 

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu hosting dan fungsinya yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda seputar dunia perhostingan.

4 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.