Apa itu laravel

Apa Itu Laravel dan Fiturnya

Posted on

Tahukah anda apa itu Laravel? Kali ini kita akan membahas sedikit tentang definisi laravel dan juga fitur-fiturnya. Artikel ini insyaallah berguna bagi anda yang membutuhkan informasi seputar framework yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi website.

Sebenarnya ada banyak macam-macam framework. Akan tetapi laravel menjadi salah satu yang sangat populer karena sederhana namun bisa menghasilkan aplikasi web yang sangat powerfull.

 

Apa Itu Laravel?

Laravel

Laravel merupakan salah satu framework berbasis PHP yang menggunakan struktur Model View Controller. Model View Controller sendiri adalah sebuah metode aplikasi dengan memisahkan data dari tampilan berdasarkan komponen-komponen aplikasinya.

Adanya Model View Controller atau MVC juga membuat proses pembuatan prototipe aplikasi web menjadi jauh lebih cepat. Selain itu, kamu pun bisa mempelajari laravel dengan jauh lebih mudah.

 

 Baca juga : apa itu javascript?

 

Fitur Laravel

Framework laravel memiliki banyak fitur yang mendukung proyek pembuatan aplikasi web. Tentu saja fitur-fiturnya berbeda dengan framework lainnya yang sejenis. Apa saja itu?

 

Defedency Management

Fitur yang pertama adalah defedency management. Fitur yang satu ini berguna untuk memahami fungsi wadah layanan (IoC) sehingga memungkin objek baru dapat dihasilkan dengan pembalikan controller.

 

Caching

Salah satu fitur yang ada pada Laravel adalah caching. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan data di lokasi penyimpanan sementara dan bisa diambil dengan cepat ketika dibutuhkan. Caching ini berasal dari tampilan lalu ke rute sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.

 

Routing

Fitur framework laravel yang satu ini adalah untuk membuat aplikasi dengan lebih mudah. Sebab, semua request dapat dipetakan dengan batuan rute sehingga dapat mempermudah pembuatan aplikasi. Bahkan anda pun bisa mengelompokkan rute tersebut.

Baca Juga  Membuat Tampilan Website Dinamis dengan Javascript

 

Restfust Controller

Dan fitur selanjutnya yang ada pada laravel adalah restfust controller. Fitur ini berguna untuk memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST.

 

Selain keempat fitur tersebut, masih banyak fitur Laravel lainnya seperti template engine, testing debugging, configuration management, dan masih banyak lagi yang lainnya. Demikian penjelasan mengenai apa itu laravel beserta fitur-fiturnya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.