Cara-Membuat-Filter-Instagram

Cara Membuat Filter Instagram

Posted on

Siapa nih yang kenal dengan fitur terkeren dari Instagram, yaitu filternya. Filter Instagram sangat popular digunakan oleh semua kalangan. Bentuk filter pun kian hari kian beragam. Jika pada mulanya filter hanya dapat mempercantik tampilan wajah. Saat ini filter bahkan telah dilengkapi dengna tambahan animasi yang unik. Anda tentu penasaran dengan cara membuat filter Instagram tersebut.
Ternyata untuk membuat filter Instagram tidaklah rumit. Berikut ini kami membagikan informasi untuk para pecinta teknologi tutorial membuat filter Instagram dengan mudah.

Cloud Hosting Indonesia

Install Spark AR Studio

Pertama kita tentu harus menginstall aplikasi untuk membuat ilter tersebut. Biasanya yang paling sering digunakan adalah Spark AR Studio. Platform ini merupakan salah satu pengembangan aplikasi dengan berbasis augmented reality. Dengan menggunakan platform ini maka kita dapat menggunakan efek AR yang berjalan dengan kamera pada smartphone.
Spark AR cocok digunakan oleh siapapun dengan tingkat skill koding sederhana. Karena source code dan fitur yang ditampilan pada spark AR sangat mudah untuk dipahami. Bahkan data digunakan juga untuk orang yang awam dalam dunia koding.
Anda dapat menguntduh spark AR Studio pada halaman resminya. Sebaiknya unduh versi terbaru dari platform tersebut. Hingga saat ini versi terbaru dari spark AR adalah versi 82. Namun sebelum anda memutuskan membuat filter.
Pastikan terlebih dahulu anda telah mengunduh dan menguasai LUT. LUT adalah Look Up Table, contohnya seperti aplikasi adobe photoshop. Fungsinya adalah untuk memberikan warna pada ruang baru pada data yang ada di LUT.

Open Project

Jika anda telah memiliki dua platform tersebut. Maka selanjutnya adalah mulai menjalankan aplilikasi adobe photoshop terlebih dahulu. Fungsinya adalah untuk mengatur warna yang ingin digunakan pada filter Instagram.
Disini dibutuhkan keahlian teman-teman dalam mengolah warna yang menarik atau istilah umumnya adalha mengatur preset. Anda bebas untuk menambahkan apapun seperti balance, exposure, ataupun pengaturan lainnya.
Jika desain telah siap maka selanjutnya adalh mengkonversikan gambar pada LUT. Caranya adalah dengan klik kanan pada menu LUT kemudian plih perintah Quick Export as PNG yang ada dibagian atas. Sekarang gambar anda telah tersimpan pada LUT.

Baca Juga  Tips Membuat Prototipe dengan Mudah dan Sederhana

Buat Filter

Selanjutnya beralih pada platform spark AR Studio. Pada tampilan awalnya telah tersedia beragam template yang dapat langsung digunakan. Namun karena kita sudah memiliki LUT sendiri maka kita tidak perlu menggunakan template tersebut. Langsung saja pada perintah Creat New yang terdapat pada bagian samping.
Anda dapat memilih blank project. Nah, sekarang anda sudah dapat membuat filter sendiri. Untuk proses pengolahan anda dapat menggunakan menus Scene dan Assets. Bedanya scene digunakan untuk menambahkan objek. Sedangakan assets digunakan untuk mengatur property pada setiap object.
Nah, sangat mudah bukan. Untuk pengaplikasian pada smarphone anda dapat menggunakan Spark AR Player pada smarphone anda. Dan hubungkan dengan Spark AR Studio yang anda miliki. Sekarang anda dapat membuat filter dengan desain masing-masing.
Cloud Hosting Indonesia
Jika anda menemukan kesulitan dalam membuat filter. Anda dapat menggunakan jasa konsultasi ITgenic. Tidak hanya mengajarkan seputar filter namun juga tersedia kelas untuk belajar koding android ataupun website.
ITgenic adalah situr yang menyediakan jasa pembuatan website dan aplikasi. Dengan didukung oleh developer dan programmer yang handal Itgenic dapat menghasilkan project yang berkualitas. Nah, tentunya juga dapat membantu teman-teman untuk membuat tugas akhir yang berkaitan dengan IT. Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Filter Instagram, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.