jenis aksi cyberbullying

Jenis Aksi Cyberbullying yang Kerap Terjadi

Posted on

Bully alias perundungan nyatanya tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, tetapi juga bisa terjadi di dunia maya. Bahkan dampak negatif yang timbulkan tidak kalah besar jika dibandingkan dengan kejahatan perundungan yang terjadi di dunia maya.

Data kasus Cyberbullying di Indonesia menurut Polda Metro Jaya mencapai 25 kasus tiap harinya. Itu hanya kasus yang dilaporkan, untuk yang tidak dilaporkan jumlahnya bisa semakin banyak. Salah satu penyebabnya adalah tingginya konsumsi internet pada anak.

 

Beberapa Jenis Aksi Cyberbullying yang Sering Terjadi

Aksi cyberbullying

Dapat diartikan, Cyberbullying merupakan perilaku kekerasan yang terjadi melalui dunia maya. Memang fisik kurang terlalu terdampak namun dari segi psikis jelas sangat berdampak.

Apa saja contoh kasus Cyberbullying yang pernah terjadi di Indonesia? Berikut ini beberapa jenis dan juga penjelasannya :

 

Baca juga : dampak negatif internet 

 

Merendahkan Ras atau Suku

Merendahkan di sosial media merupakan salah satu jenis aksi Cyberbullying yang kerap kali terjadi. Mereka yang melakukannya biasanya menganggap ras tertentu berperilaku tidak baik dan dianggap sebagai golongan yang rendah. Tentu hal ini tidak dibenarkan karena pada dasarnya baik dan buruk perilaku seseorang tidak ditentukan dari ras mereka.

 

Hinaan Fisik

Selain sering terjadi di dunia nyata, penghinaan fisik yang dilakukan seorang atau sekelompok orang terhadap orang lain juga kerap terjadi di dunia internet alias dunia maya. Biasanya yang jadi sasaran adalah orang-orang gemuk, terlalu kurus, atau berkebutuhan khusus. Terdengar menyakitkan, namun sayangnya body shaming dianggap biasa saja oleh beberapa orang.

Baca Juga  Apa Itu Front End Developer

 

Merendahkan Hobi

Selain fisik dan ras, hobi seseorang pun juga menjadi bahan perundungan. Mereka merendahkan hobi-hobi tertentu dan hanya menganggap hobi yang mereka lakukanlah yang terbaik. Aksi nyinyir pada hobi dapat menghalangi potensi seseorang, sebab setiap orang pasti punya passion yang berbeda.

 

Selain ketiga contoh di atas, masih banyak jenis aksi Cyberbullying lainnya di Indonesia maupun di luar negeri. Antara lain yakni penghinaan orientasi seksual, agama, dan lain sebagainya. Kami harap, anda bukan salah satu bagian dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.