Jenis-jenis Hosting

Jenis-jenis Hosting, Wajib Anda Ketahui!

Posted on

Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian hosting dan fungsinya, kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis hosting. Setiap jenis hosting tentu saja memiliki spesifikasi yang tidak sama, jadi anda harus mengetahui perbedaannya supaya tidak salah dalam memilih hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Jenis-Jenis Hosting yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis web hosting

Secara garis besar, ada 5 macam hosting yang dapat anda sewa sesuai kebutuhan yaitu shared hosting, cloud hosting, wordpress hosting, dedicated hosting, dan VPS hosting. Berikut masing-masing penjelasannya :

 

Shared Hosting

Jenis hosting yang pertama sekaligus yang tergolong paket paling murah adalah shared hosting. Sangat cocok digunakan untuk pemula dengan web yang memiliki traffic yang belum terlalu tinggi.

Shared Hosting adalah layanan web hosting yang mana beberapa website harus berbagi sumber daya dari web server yang besar. Jadi, satu web server untuk beberapa website.

 

Cloud Hosting

Sementara itu, hosting yang satu ini tergolong masih baru dan belum ada di semua penyedia hosting. Berteknologi komputasi awan, membuat website anda bisa diakses lebih cepat. Selain itu, hosting ini diklaim lebih aman jika dibandingkan dengan shared hosting.

Soal harga jauh lebih mahal daripada shared hosting. Sebab, hosting ini tidak hanya mengandalkan satu server di satu lokasi saja. Jadi, jika ada satu server yang rusak atau gangguan maka masih ada server lainnya yang menggantikan.

 

WordPress Hosting

Sesuai dengan namanya, jenis hosting yang satu ini memang hanya ditujukan untuk pengguna wordpress self hosting. Soal harga, tidak bisa dibilang murah bahkan jauh lebih tinggi harganya dari shared hosting. Jadi, jika anda ingin membuat website dengan CMS WordPress, paket hosting satu ini bisa anda pilih.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Membuat Augmented Reality

 

Dedicated Hosting

Apa yang dimaksud dengan dedicated hosting? Dedicated hosting merupakan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang ditujukan untuk klien tunggal. Sangat cocok digunakan website wordpress yang memiliki jumlah pengunjung besar.

 

VPS Hosting

Dan jenis hosting yang terakhir adalah VPS atau Virtual Private Server. Hosting satu ini menawarkan mesin virtual untuk klien layaknya shared hosting. Hanya saja bedanya, setiap account pada VPS harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan menggunakan sumber daya sendiri.

 

Jadi itulah beberapa jenis jenis hosting yang bisa anda gunakan. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan anda. (Baca juga : tips memilih hosting berkualitas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.