macam-macam ekstensi domain

Macam-macam Ekstensi Domain dan Penjelasannya

Posted on

Sebelumnya, anda sudah mengetahui tentang apa domain dan juga fungsinya. Saat ini, saya akan menjelaskan tentang macam-macam ekstensi domain. Sama seperti hosting, domain pun terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing juga memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Salah satu contoh ekstensi domain adalah .co.id seperti pada url website kami https://itgenic.co.id. Selain itu, masih ada contoh lainnya seperti .com, .net, .org, .id, .web.id, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Macam-macam Ekstensi Domain

Nama domain

Ekstensi domain adalah kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain. Misal domain teknopedia.id, maka .id inilah yang disebut dengan ekstensi domain. Langsung saja, supaya lebih jelas berikut ini penjelasan jenis-jenis domain dan juga contohnya

 

Generic Top Level Domain

Generic Top Level Domain merupakan ekstensi domain yang bersifat general. Beberapa diantaranya yaitu .com untuk keperluan komersial, .org untuk keperluan organisasi, .net untuk keperluan internet, .gov untuk keperluan pemerintah dan masih banyak lagi yang lainnya. Ekstensi domain satu ini biasanya banyak dicari terutama untuk .com dan juga .net

 

Country Code Top Level Domain

Kemudian macam-macam ekstensi domain selanjutnya Country code Top Level Domain atau yang juga disebut CcTLD. Jenis domain yang satu ini merupakan Top Level Domain (TLD) yang didasarkan pada kode negara. Contohnya .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapura, .us untuk Amerika Serikat, .my untuk Malaysia, dan masih banyak lagi yang lainnya tergantung negara.

Selain itu juga ada subdomain dari Country code Top Level Domain Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu .co.id, .or.id, .web.id, dan lain sebagainya. Kode CcTLD hanya bisa digunakan pada negara sesuai kode tersebut.

Baca Juga  Keunikan Laravel Dan Update Terbaru

 

Baca juga : tips memilih nama domain.

 

New Generic Top Level Domain

Sebenernya ini juga merupakan ekstensi domain TLD yang bersifat general. Hanya saja domain ini tergolong masih baru dan jarang digunakan. Beberapa contoh dari NgTLD antara lain .tech untuk website teknologi, .store untuk website toko online, .site untuk personal website, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Baca juga : jenis-jenis hosting.

 

Secara garis besar, itulah beberapa macam ekstensi domain yang ada pada saat ini. Pastikan memilih sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Sekian dan semoga bermanfaat

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau bikin Toko Online ?
Halo Sahabat Itgenic, Ada yang bisa kami bantu? silahkan tulis pertanyaan di chat ini ya.